Saturday, May 1, 2010

Pulau Pramuka : Non Poluted in Jakarta Region

Betul.. Karena di pulau pramuka tidak ada mobil, angkot, bajaj, bis, bemo, metromini, kopaja apalagi truk mondar mandir, yang ada disana hanya motor dan bisa dihitung dengan jari tangan deh.. Jadi kita bisa menghirup udara segar sepanjang hari tanpa harus batuk-batuk kesedak asap knalpot yang hitam legam dari kendaraan bermotor. Hmmm.. segar

Since it is about the travel story, so harus dimulai dari keberangkatan dong gak bisa ujug-ujug dah sampai ya.. heheh. Saya dan teman saya dari kantor pergi akhir bulan Maret kemaren ikutan tour yang kami cari-cari di internet. Setelah beberapa kali ngecek dan recheck, akhirnya kami memutuskan ikutan tour dari dholpin ecotourism (you can check it from this site http://www.dolphin-ecotourism.com/) dengan paket pulau pramuka dua hari satu malam.

Hari Pertama
Berangkat dengan semangat 45 abis subuh (padahal kalo ke kantor masih tidur-tiduran nich..;p). Meluncur ke rumah temanku di bilangan Cipinang (karena kita gak tau tempat keberangkatannya yaitu Muara Angke, jadi harus jalan berdua supaya gak cari-carian nantinya.. begitu). Dari Cipinang kami meluncur ke Muara Angke, setelah sempat nanya sana sini, akhirnya ketemu lah tempat keberangkatan kapal ke pulau Pramuka yang letaknya dibelakang Pasar Ikan Muara Angke. Ternyata buanyak banget orang-orang yang mau berangkat ke kepulauan seribu dari sana.. wuuuiiih rame banget deh, dan orang-orangnya keren-keren lagi (tapi saya gak liat artis sih... hehehe) Setelah telpon-telponan sama guide kami, kami diajak ke kapal yang akan membawa kami menuju pulau pramuka yang berada diurutan ketiga kapal yang sedang merapat jadilah kami harus meloncati kapal-kapal yang lain. (Warning: agak licin jadi harus hati-hati, karena teman saya sempat terpeleset yang mengakibatkan kakinya bengkak lebih dari 2 minggu)

Sampai di dalam kapal, kami cari tempat di dek, karena puanas banget diluar, teman saya butuh tempat buat urut-urut kakinya yang ternyata bengkak (syukurnya ABK nya baik-baik dan ngasih teman saya ini minyak urut) dan saya takut mabuk laut (mau tidur bis minum antimo.. ;p). Ternyata di dek luar biasa penuh bok (walopun si mba guide kami bilang ini gak rame karena kita nebeng kapal yang dibooking orang.. penumpang gelap dong kita.. wekekeke.. buat diketahui aja ternyata guide kami ini orang asli pulau pramuka dan keluarga terkenal disana, jadi nebeng-nebeng gak masalah buat mereka yang udah kenal betul ma nahkda kapalnya). Oh iya kapal ini harusnya berangkat jam 7 pagi, tapi kami baru meluncur jam 8 an gitu (Indonesia banget yaks..)

Setelah dua ja-an di kapal, akhirnya sampailah kami di dermaga Pulau Pramuka. Dijemput oleh guide kami yang stand by disana dan ternyata rombongan kami cuma berdua. Setelah istirahat dan makan siang, dimulailah kegiatan kami.

Snorkeling
Mulai jam 1 an (tengah hari bolong bo'), kita berdua nyoba-nyoba peralatan (mask, sepatu katak dan pelampung). Dan kami digabungin dengan kelompok lain, jadi totalnya 8 orang, dipandu 2 orang guide. Naik kapal yang disana disebut ojek kapal. Meluncur ke pulau air untuk latihan dasar snorkeling.

Setelah kedua guide kami cukup yakin kalo kami bisa dilepas ke laut (hihihi.. ayam kali dilepas) kita meluncur ketempat spot snorkeling. Dibawa ke dua tempat snorkeling yang ternyata agak keruh (menurut guide kami sih karena cuaca sedang mendung) But over all tetap keren kok. Sambil snorkeling tentu saja photo-photo dong..

Setealah snorkeling mampir ke pulau galang untuk liat ikan hiu yang ditangkarkan.. lumayan seru.. bahkan temanku ada yang nyoba masuk kekolamnya.. hiiiii..
Abis snorkeling udah sore,balik ke pulau pramuka dan cuma bisa nangkep sunset yang ketutup awan..hiks

Malam diabisin untuk makan dengan ikan bakar yang nyammy bersama temen-teman baru.. trus ngobrol ngarol ngidul.. dan pijit (temanku yang bengkak kakinya dipijit sama guide kami, multi talent banget nih guide kami..). Oh iya.. malam itu pulau pramuka mati lampu.. kecuali hotel kita karena ada genset.. yeppyy.. ac tetapnyala,. sedangkan teman yang lain sudah keluh keluh bakalan kepanasan tidurnya (sumpe panas banget disana..)

Hari Kedua

Liat sunrise (yang tidak didukung ma temen-teman lain.. karena mending memperpanjang tidur, share aja deh photonya ya.. gitu deh alasan mereka;( ) Jadilah saya nongkrong sendirian nungguin sunrise, di roof hotel kami.. (hotel Dholpin menghadap timur) tapi kok lama gak muncul (menurut petunjuk guide kita sih munclnya sunrise jam 5an). Pukul 6 baru deh muncul si sun ini yang juga malu-malu ketutupan awan...

Bis nongkrongin sunrise, saya jalan-jalan but nyari objek photo. Ditengah jalan ketemu orang yang dengan semangat bilang " Mba ada ROL tuh keren loh!" Saya dengan bengong jawab "ROL?.. apa ya?".. "Ray of Light mba".. jawabnya sambil bengong juga.. (upps..mungkin dia anggap saya photographer yang sejati karena dia ngeliat kamera saya yang segede gaban.. hihihi.. eh istilah gitu aja gak tau... kikikik) Dengan malu dan mauu-maluin saya langsung ngucapin terima kasih dan buru-buru bergerak menuju tempay yang ditunjuk orang tadi (coba-coba moto ROL.. hehehe). Here it is the result:

Cape muter-muter balik hotel dilanjutkan dengan sarapan indomie rebus (sedaaap), mandi then siap jalan ke penangkaran penyu. Ternyata gak cuma penyu loh, tapi ada juga nemo dan kuda laut..

Setealh itu puer-puter pulau pramuka dan photo-photo narsis.

Harus balik ke hotel siap-siap pulang karena kapal yang akan membawa kami ke Muara Angke akan datang jam 1. Kalau gak mau nginep lagi harus be on time, begitu kata guide kami... Dua jam lagi mengarungi lautan cuma perjalanan pulang lebih seru karena punya teman-teman baru... yang tentu saja sudah bikin rencana untuk melanjutkan petulan berikutnya...