Thursday, September 6, 2012

Jalan-jalan = Poto-poto

Begitukah kamu? Iya, kalau saya.
Well, poto sangat penting buat saya. Saya suka moto. Saya suka ngeliat poto. Saya suka dipoto.
Saya pernah bilang ke teman-teman saya kalau Taking picture is like you freeze the time. Whenever you wanna back to that time, you just take a look the picture. It will bring back all the memories. 
Dan itu lah saya lakukan. For every moment. Karena saya tau, ingatan saya terbatas, saya ingin mengenang sesuatu yang indah di momen-momen tertentu, atau bahkan menceritakan pada orang-orang terdekat saya, jadi saya membekukan waktu dalam poto-poto. Makanya saya bisa mengisi blog saya ini dengan cerita perjalanan saya bertahun-tahun yang lalu, karena saya mengoleksi semua poto-poto perjalanan saya, dan semuanya seperti kembali lagi dalam ingatan saya hehehe. 

Dari kecil saya sudah suka poto. Saya senang mengeliping poto-poto di koran dan majalah, ibu saya suka sering menemui koran baru sudah bolong-bolong karena saya guntingi bagian gambarnya, ya tentu saja saya dimarahi doong heheheh. Tapi saya baru bisa membeli kamera ketika saya kuliah di Tokyo tahun 2007, saya menghadiahi diri saya Nikon d40 dan lensa nikor 50-200 pada hari ulang tahun saya. Ya, itu adalah hadiah saya buat saya hehehe (daripada gak ada yang ngadoin, mending beli buat diri sendiri dooong :p). Sejak saat itulah si nikon setia menemani saya kemana-mana. Menggantung di leher saya dengan setianya. 

Dengan modal kamera, banyak teman saya yang senang jalan sama saya, ya karena saya suka moto, dan suka dipoto, jadi saya rela dan sabar memenuhi permintaan teman-teman saya yang ingin dipoto di berbagai sudut dengan berbagai gaya. Bahkan saya sering mikir, teman-teman saya ini lebih sayang sama kamera saya daripada sama saya.. hihihi. Gimana enggak ya. Pernah saya naik gunung sama teman-teman saya, yang mereka tanya disetiap saat adalah kamera saya. Hati-hati ya kamera loe. Kalau sampai jatuh atau rusak, kita gak bisa poto-poto di puncak nih. #phew. Lalu kalau hujan, begitu juga, mereka dengan perhatiannya memberi saya payung, dan bilang ke saya: Payungin tuh kamera loe, jangan sampai rusak, sayang tau. #phew deh. Saya yang tadinya merasa diperhatikan jadi mengkeret dong ya. Tega loe ya padaa, gimana nasib gw yang bawain kamera ini. Mereka malah dengan santai bilang: Ya, kalau loe kan bisa jaga diri sendiri, kalau kamera loe kan enggak, lagian kalau loe doang gak bisa moto tauk, kita butuh kamera loe. Errrrrr. Emang ya teman-teman saya itu sadis-sadis. Hehehe. Tapi saya tau kok, mereka sayang saya apa adanya, termasuk kamera saya maksudnya.. hihihii

Ada teman-teman saya yang mewajibkan poto dibagian mana. Harus poto ditempat yang ada labelnya. Misalnya yang ada papan tulisan nama jalan, nama gedung, nama pantai. Supaya gak lupa, itu potonya dimana. Lalu ada teman saya yang punya pose khusus. Potonya harus dari samping kanan, it's her best part, she said. Ada yang minta di poto dari jarak yang jauh, biar gak keliatan gede katanya. Ada yang seneng dipoto loncat, eh itu saya diing hihihi.

Poto memang membantu saya mengingat banyak hal-hal indah, tapi ternyata kapasitas ingatan saya juga terbatas. Dengan semakin berjalannya waktu, saya mungkin akan melupakan banyak hal-hal detil, padahal saya ingin sekali mengingatnya atau berbagi dengan orang-orang terdekat saya, jadi disinilah saya, menulis blog ini :D

Semoga saya tetap istoqomah untuk melanjutkan menulis, karena secara pengalaman saya suka keenakan dengan aktivitas rutin saya, dan lupa untuk menulis. Contohnya ya blog ini. Lihat kan, blog ini saya buat tahun 2008, dan saya tinggalkan, lalu tiba-tiba di update lagi tahun 2009 dan 2010 dengan tema beda dari awal buat dan jarang-jarang di isi hehehe. Trus baru ke update lagi tahun 2012, itupun gara-gara saya iseng googling nama saya dan menemukan blog ini hahahaha. Dan karena blogspot gak di block sama kantor saya, jadi saya masih bisa update disela-sela kerja nih. hihihi (don't tell the admin kantor yaa..) 

Yah begitulah, tapi ternyata saya menemukan kesenangan tersendiri untuk mengupdate blog ini disela sela kegiatan rutin saya. Apa yang saya tulis, poto yang saya masukan, seperti membawa saya kembali ke masa-masa menyenangkan. Saya akan tersenyum dan mensyukuri apa yang telah Allah beri kepada saya. Dengan menulis, memandangi poto yang ada dan membaca kembali, saya merasa sangat beruntung. Well, seharusnya tidak ada lagi alasan buat saya untuk menelantarkan blog ini yah hihihi. Wish me luck.